Rabu, 05 April 2017

Resume 1 Psikologi Pendidikan : Selayang Pandang Psikologi Pendidikan

SELAYANG PANDANG PSIKOLOGI PENDIDIKAN
     Psikologi adalah studi ilmiah tentang perilaku dan proses mental.Psikologi pendidikan
adalah cabang ilmu psikologi yang mengkhususkan diri dengan cara memahami pengajaran dan pemblajaran dalam lingkungan pendidikan.Psikologi pendidikan adalah bidang yang sangat luas sehingga dibutuhkan satu buah buku tersendiri untuk menjelaskannya.

A.Latar belakang
    Bidang psikologi pendidikan didirikan oleh beberapa perintis bidang psikologi sebelum abad ke-20.Ada 3 perintis terkemuka yang muncul diawal sejarah psikologi pendidikan yaitu :
    1.William James (1842-1910)
Ia meluncurkan buku psikologinya yang pertama berjudul (Principles of Psychology 1890),dengan memberikan serangkaian kuliah yang bertajuk (“TALKS TO TEACHERS”1899-1993).Beliau mendiskusikan aplikasi psikologi untuk mendidik anak.James mengatakan bahwa eksperimen psikologi di laboratorium sering kali tidak bisa menjelaskan kepada kita bagaimana cara mengajar anak secara efektif.
    2.John Dewey(1859-1952)
Beliau ini sangat berpengaruh besar dalam membentuk psikologi pendidikan.Ia menjadi motor penggerak untuk mengaplikasikan psikologi ditingkat praktis.Dewey membangun laboratorium psikologi pendidikan pertama di AS,di universitas Chicago(1894).
Dewey mendapatkan pandangan tentang anak sebagai pembelajar aktif(active learner).
Dewey yang menjadikan kita mendapatkan ide bahwa pedidikan seharusnya difokuskan pada anak secara keseluruhan dan memperkuat kemampuan anak untuk beradptasi dengan lingkungannya.Dari beliau juga kita mendapat gagasan bahwa semua anak berhak mendapat pendidikan yang selayaknya.Dewey adalah salah seorang sangat berpengaruh dan mendukung pendidikan yang layak bagi laki-laki dan perempuan juga semua lapisan sosial-ekonomi serta etis.
    3.E.L.Thorndike(1874-1949)
Perintis ketiga yang member banyak perhatian pada penilaian dan pengukuran serta perbaikan dasar-dasar belajar secara ilmiah.Thorndike berpendapat bahwa salah satu tugas pendidikan disekolah yang paling penting adalah menanamkan keahlian penalaran anak.Thorndike mengajukan gagasan bahwa psikologi pendidikan harus punya basis ilmiah dan harus berfokus pada pengukuran.

B.Diversitas dan Psikologi Pendidikan Awal
    Tokoh paling menonjol dalam sejarah awal psikologi pendidikan kebanyakan adalah pria kulit putih seperti James,Dewey,dan Thorndike.Adapun tokoh non-kulit putih yang berhasil mendapat gelar dan bisa menembus rintangan diskriminasi rasial yaitu 2 tokoh Amerika keturunan Afrika adalah Mamie dan Kenneth clark.Kenneth clark menjadi presiden Amerika pertama.Kemudian seorang psikolog dari Negara latin bernama George Sanchez yang menggunakan istilah gifted untuk mendeskripsikan anak-anak yang mendapat skor istimewa dalam tes kecerdasan.Pandangan(B.F.Skinner1938)Pandangan Behavioral,yang didasarkan pad aide-ide Thorndike,sangat memengaruhi psikologi pendidikan pada pertengahan abad ke-20.

•Mengajar : Antara Seni dan Ilmu Pengetahuan
Cara mengajar yang “EFEKTIF” : Pngetahuan dan keahlian professional dan komitmen serta motivasi
Tanggung jawab sebagai pengajar yaitu :
1.Penguasaan Materi Pelajaran,Guru yang efektif harus berpengetahuan,fleksibel,dan memahami materi.
2.Strategi Pengajaran,Konstruktivisme prinsip dari John Dewey,konstruktivisme menekankan agar individu secara aktif menyusun dan membangun pengetahuan dan pemahaman.
3.Penetapan Tujuan dan Keahlian Perencanaan Instruksional.
4.Keahlian Manajemen Kelas.
5.Keahlian Motivasional.
6.Keahlian Komunikasi (lancar,lugas,dan jelas)
7.Keahlian Teknologi

C.Riset Dalam Psikologi Pendidikan
•Pendekatan Riset Ilmiah
Riset ilmiah adalah riset objektif,sistemtis,dan dapat diuji.Riset ilmiah dilandaskan pada metode ilmiah sebuah pendekatan yang dapat dipakai untuk menemukan informasi yang akurat.Teori adalah seperangkat ide yang saling berkaitan dan koheren yang berfungsi untuk menjelaskan dan membuat prediksi.Dengan teori seorang periset kemudian bisa merumuskan hipotesis,yakni asumsi dan prediksi spesifik yang dapat diuji untuk mengetahui apakah teori itu benar atau tidak.

•Metode Riset
1.Riset Deskriptif : observasi,wawancara,kuesioner,tes standar,studi etnografik dan studi kasus.
2.Korelasional  : mendeskripsikan kekuatan hubungan antara dua atau lebih kejadian atau karakteristik.
3.Experimental : salah satu dari jenis riset yang dapat mengungkapkan sebab-sebab perilaku.
•Rentang Waktu Riset
1.Riset cross-sectional :Rriset yang dimana data dikumpulkan dalam satu waktu
2.Riset longitudinal : Riset yang dimana individu yang sama dipelajari selama kurun waktu tertentu,biasanya beberapa tahun atau lebih.
3.Riset evaluasi program : Riset yang di desain untuk membuat keputusan tentang efektivitas program tertentu
4.Riset aksi : Riset ini dipakai untuk memecahkan problem kelas atau sekolah spesifik,meperbaiki strategi mengajar dan pendidikan atau untuk membuat keputusan pada lokasi tertentu.
Guru-guru sebagai periset : Konsep yang menyatakan bahwa guru kelas dapat melakukan riset sendiri untuk meningkatkan mutu praktik pengajaran mereka.
•Tantangan Riset : Etika,Gender,Etnis dan kultur 
*Menjadi konsumen informasi yang bijak tentang psikologi pendidikan yaitu :
°Berhati-hatilah terhadap apa yang dilaporkan dimedia populer.
°Ketahuilah cara untuk menghindari dari membuat kesimpulan tentang kebutuhan individu berdasarkan riset kelompok.
°Kenalilah betapa gampangnya membuat generalisasi yang bberlebihan untuk sampel yang kecil atau sampel klinis.
°Berahati-hatilah karena satu studi tunggal tidak menghasilkan kesimpulan final.
°Ingat bahwa kesimpulan sebab-akibat tak bisa diambil dari studi korelasional.
°Selalu perhatikan sumber informasi dan evaluasi kredibilitasnya.

0 komentar:

Posting Komentar