Pelajar yang Tidak Biasa
(Anak luar biasa/anak berkebutuhan khusus)
Ketidakampuan (disability) dan cacat (handicap) istiah ini sangat berbeda.Disability adalah Keterbatasan fungsi yang membatasi kemampuan seseorang.Handicap adalah kondisi yang dinisbahkan pada seseorang yang menderita ketidakmampuan.
Kondisi ini bisa disebabkan dari masyarakat,lingkungan fisik,atau sikap orang itu sendiri.Para pendidik lebih sering menggunakan istilah children with disabilities daripada disabled children.
Fisikal disability adalah seseorang yang tidak sama sekali memiliki organ pada tubuhnya.
Anak yang membutuhkan pendidikan dan layanan khusus bertujuan untuk mengoptimalkan potensi kemanusiannya secara utuh akibat adanya perbedaan kondisi dengan kebanyakan anak lainnya.Perbedaan tersebut meliputi:ciri-ciri mental,kemampuan sensorik,fisik dan neuromuskural.
Mengelompokkan ketidakmampuan dan gangguan (disorder) sebagai berikut : Gangguan organ indra(sensory),gangguan fisik,retardasi mental,gangguan bicara dan bahasa,gangguan belajar (learning disorder),attention deficit hyper activity disorder,dan gangguan emosional dan perilaku.
Gangguan indra
Penglihatan seseorang yang menderita visual serius dan dikategorikan rusak penglihatan,ini termasuk murid yang menderita low vision dan murid buta.anak low vision dapat membaca buku dengan huruf besar-besar atau dengan bantuan kaca pembesar.anak yang buta secara edukasional (educationally blind) tidak dapat menggunakan penglihatan mereka untuk belajar dan harus menggunakan pendengaran dan sentuhan untuk belajar.
Banyak anak buta mempunyai kecerdasan normal dan berprestasi secara akademik apabila diberi diberi dukungan dan bantuan belajar yang tepat.namun sudah ada yang namanya buku rekaman (recorder textbook) buatan Recording for the Blind dan Dyslecix.
Gangguan pendengaran
Gangguan pendengaran dapat menyulitkan proses belajar anak.Anak yang tuli secara lahir atau menderita tuli saat masih anak-anak biasanya lemah dalam kemampuan berbicara dan bahasanya.Seperti contoh anak yang menempelkan telinganya kespeaker,sering meminta pengulangan penjelasan,tidak mengikuti perintah,atau sering mengeluh sakit telinga ,dingin dan alergi,disarankan untuk memeriksakan diri ke ahli THT.Dengan masalah pendengaran ini dapat mendapat pengajaran tambahan diluar kelas regular.Permasalahan pendengaran terbagi atas 2 kategori yaitu pendekatan oral dan pendekatan manual.
Pendekatan oral seperti menggunakan metode membaca gerak bibir,speech reading (menggunakan alat visual untuk mengajar membaca),dan sejenisnya.
Pendekatan manual seperti bahasa isyarat dan mengeja jari (finger spelling).
Gangguan fisik
Gangguan fisik anak anatara lain adalah gangguan ortopedik,seperti gangguan karena cedera di otak(cerebral palsy),dan gangguan kejang-kejang (seizure).anak yang mengalami gangguan tersebut membutuhkan pendidikan khusus dan pelayanan khusus,seperti transportasi,terapi fisik,pelayanan kesehatan sekolah,dan pelayanan psikologi khusus.
Gangguan ortopedik biasanya berupa keterbatasan gerak atau kurang mampu mengontrol gerak karena ada masalah diotpt,tulang,atau sendi.
Penyebab terjadinya oleh problem prenatal/dalam kandungan atau perinatal/menjelang atau sesudah kelahiran,dan karena penyakit kecelakaan saat anak-anak.
Cerebral palsy (spastic) adalah gangguan yang berupa lemahnya koordinasi otot,tubuh sangat lemah dan goyah(shaking),atau bicaranya tidak jelas.Penyebabnya karena kekurangan oksigen saat melahirkan.
komputer bisa membantu proses belajar anak yang terkena gangguan ini.jika mereka bisa melakukan koordinasi untuk menggunakan keyboard,dan bisa menulis dikomputer,pena sebagai pointer atau penunjuk peralatan talking notes dan page turners dapat meningkatkan kemampuan komunikasi mereka.
Gangguan kejang-kejang (epilepsi)gangguan saraf yang biasanya ditandai dengan serangan terhadap sensorimotor atau kejang-kejang.muncul dalam beberapa bentuk,yang paling umum disebut absent seizures keadaan kejang-kejang dengan durasi singkatkurang dari 30 detik,namun bisa terjadi beberapa kali dalam sehari.dalam bentuk epilepsy lain yang disebut tonic-clonic,anak akan kehilangan kesadarannya dan menjadi kaku,gemetar,dan bertingkah aneh.tanda-tanda epilepsy ringan seperti suka melamun.
Retardasi mental
Banyak anak retardasi mental yang belajar disekolah umum.ciri utama retardasi mental adalah lemahnya fungsi intelektual.sebelum ada tes formal untuk menilai kecerdasan,orang yang retardasi mental dianggap sebagai orang yang tidak dapt menguasai keahlian yang sesuai dengan umurnya dan tak bisa merawat dirinya sendiri.
Retardasi mental adalah kondisi sebelum usia 18 tahun yang ditandi dengan rendahnya Kecerdasan atau IQ dibawah 70.dan sulit berdaptasi dengan kehidupan sehari-hari,hal ini tampak sejak anak-anak.Retardasi mental bukan terjadi karena kecelakaan atau penyakit (cedera otak).
Penyebab disebabkannya Retardasi mental oleh faktor genetik dan kerusakan otak.
Faktor genetik yang paling umum dari retardasi mental adalah down syndrome ,fragile X syndrome dan fetal alcohol syndrome.
Down syndrome yang ditransmisiskan (diwariskan) secara genetik,emiliki lebih dari 47 kromosom.ciri-cirinya wajah bulat,tengkorak datar,ada kelebihan lipatan kulit diatas alis,lidah panjang,dan kaki pendek.
Fragile X syndrome ini diwariskan secara genetik melalui kromosom X yang tidak normal dan menyebabkan retardasi mental ringan sampai berat.ciri-cirinya seperti wajah memanjang ,rahang menonjol,telinga panjang,hidung pesek,dan koordinasi tubuh yang buruk.
Fetal alcohol syndrome adalah serangkaian ketidaknormalan,termasuk retardasi mental dan ketidaknormalan wajah,yang muncul dalam diri anak dari ibu yang kecanduan minuman alcohol pada waktu hamil.
Gangguan Bicara dan Bahasa
Ada beberapa gangguan bicara dan bahasa diantaranya :
Gangguan artikulasi yaitu problem dalam melafalkan suara secara benar
Gangguan suara ialah gangguan dalam menghasilkan ucapan,yakni ucapan yang keras,kencang,terlalu keras,terlalu tinggi,atau terlalu rendah nadanya.
Gangguan kefasihan ialah gangguan yang biasanya disebut gagap.
Gangguan bahasa ialah kerusakan signifikan dalam bahasa reseptif atau bahasa ekspresif anak.
Bahasa reseptif ialah resepsi dan pemahaman bahasa.
Bahasa ekspresif ialah kemampuan menggunakan bahasa untuk mengekspresikan pemikiran dan berkomunikasi dengan orang lain.
Learning disability ialah ketidakmampuan dimana anak
1.punya inteligensi normal atau diatas rata-rata.
2.kesulitan setidaknya dalam satu atau lebih mata pelajaran.
3.tidak punya problem atau gangguan lain,seperti retardasi mental,yang menyebabkan kesulitan.
Dyslexia ialah kerusakan berat/parah dalam kemampuan untuk membaca dan mengeja.
Tujuan pendidikan bagi anak luar biasa yaitu :
1.Mengembangkan kehidupan anak didik dan siswa sebagai pribadi
2.Mengembangkan kehidupan anak sebagai anggota masyarakat
3.Mempersiapkan siswa memiliki ketrampilan bekal dunia kerja
4.Mempersiapkan mengikuti pendidikan lanjutan
Bentuk pendidikan khusus bagi SLB :
1.TKLB
2.SDLB
3.SLTPLB
4.SMLB
0 komentar:
Posting Komentar