Rabu, 05 April 2017

Resum 2 Psikologi Pendidikan : Motivasi

MOTIVASI
APA ITU MOTIVASI ?
     Motivasi adalah proses yang memberi semangat,arah,dan kegigihan perilaku,Artinya perilaku yang termotivasi adalah perilaku yang penuh energi,terarah,dan bertahan lama.
    A.Perspektif Tentang Motivasi
1.Perspektif Behavioral :
•Menekankan pada imbalan dan hukuman eksternal sebagai kunci menentukan motivasi.
•Motivasi murid sebagai konsekuensi dari insentif eksternal.
•Insentif adalah peristiwa atau stimuli positif atau negative yang dapat memotiasi perilaku murid
•Insentif dapat menambah minat atau kesenangan pada pelajaran dan mengarahkan perhatian pada perilaku yang tepat dan dapat menjauhkan dari perilaku tidak tepat.
Bentuk insentif : nilai yang baik, tanda bintang, pujian, penghargaan

2.Perspektif Humanistis :
•Menekankan pada kapasitas murid untuk mengembangkan kepribadian, kebebasan untuk memilih nasib sendiri
•Berkaitan dengan pandangan Abraham Maslow
Hirarki Kebutuhan (kebutuhan fisik, keamanan, cinta dan rasa  memiliki, harga diri, aktualisasi diri)

3.Perspektif Kognitif :
•Menekankan  pemikiran murid akan memandu motivasi mereka, dan juga arti penting dari penentuan tujuan, perencanaan dan monitoring kemajuan menuju suatu tujuan
•Perspektif kognitif bertentangan dengan behavioral, berpendapat bahwa tekanan eksternal seharusnya tidak dilebih-lebihkan. 
•Murid meraih prestasi tinggi bukan karena kebutuhan biologis tapi karena punya motivasi internal untuk berinteraksi dengan lingkungan secara efektif

4.Perspektif Sosial :
•Kebutuhan afiliasi adalah motivasi untuk berhubungan dengan orang lain secara aman, membutuhkan pembentukan, pemeliharaan dan pemulihan hubungan personal yang hangat dan akrab.
•Kebutuhan afiliasi murid tercermin dalam motivasi mereka untuk menghabiskan waktu bersama teman, keterikatan dengan orang tua, dan keinginan untuk menjalin hubungan positif dengan guru.
•Murid yang punya hubungan yang penuh perhatian dan supportif biasanya memiliki sikap akademik yang positif dan lebih senang bersekolah.
•Salah satu faktor terpenting dalam motiviasi dan prestasi murid adalah persepsi mereka mengenai apakah hubungan mereka dengan guru bersifat positif atau tidak

    B.Motivasi Untuk Meraih Sesuatu
1.Motvasi Ekstrinstik : Melakukan sesuatu untuk mendapatkan sesuatu yang lain atau cara untuk mencapai tujuan.
2.Motivasi Instrinsik : motivasi internal untuk melakukan sesuatu demi sesuatu itu sendiri atau tujuan itu sendiri.
3.Pengalaman optimal
4.Imbalan ekstrinsik dan motivasi instrinsik
5.Pergeseran Developmental dalam Motivasi Ekstrinsik dan Instrinsik

    C.Proses Kognitif
1.Teori Atribusi
Terdiri dari : lokus,stabilitas,daya control.
2.Motivasi untuk menguasai seperti
*Orientasi untuk menguasai : Pandangan personal yang melibatkan penguasaan atas tugas,sikap positif dan strategi berorientasi solusi.
*Orientasi tak berdaya : Pandangan personal yang fokus pada ketidakmampuan personal,atribusi kesulitan pada kurangnya kemampuan,dan sikap negatif.
*Orientasi kinerja : pandangan personal yang lebih menitikberatkan pada kinerja/hasil ketimbang prosesnya bagi murid berorientasi kinerja,kemenangan atau keberhasilan adalah penting dan kebahagiaan dianggap sebagai hasil dari kemenangan.
*Self-Efficacy : keyakinan bahwa seseorang bisa menguasai situasi dan memproduksi hasil positif.

    D.Kecemasan dan Prestasi
°Kecemasan
Ekspektasi Guru
Motivasi hubungan dan konteks sosiokultural
°Motif sosial :
Kebutuhan dan keinginan yang dikenal melalui pengalaman dengan dunia sosial.
Hubungan sosial
°Orang tua
    *Konteks sosiokultural
°Status sosioekonomi dan etnisitas
Gender
°Murid berprestasi rendah dan sulit didekati
°Murid yang tidak bersemangat
°Murid berprestasi rendah dengan ekspetasi kesuksesan yang rendah.
°Murid dengan sindrom kegagalan :
Mempunyai ekspetasi rendah untuk meraih kesuksesan dan meyerah saat menghadapi kesulitan awal.
°Murid yang termotifasi untuk melindungi harga dirinya dengan menghindari kegagalan.

0 komentar:

Posting Komentar